klasifikasi produk baru
KLASIFIKASI PRODUK BARU
Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada suatu pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan . Segala sesuatu yang termasuk ke dalamnya adalah barang berwujud, jasa, events, tempat, organisasi, ide atau pun kombinasi antara hal-hal yang baru saja disebutkan.
Rancangan produk adalah pemahaman produsen sebagai usaha utk memenuhi kebutuhan konsumen. Produsen kemudian menjabarkan persepsi dan preferensi konsumen melalui rancangan produknya.
KLASIFIKASI PRODUK
Produsen melakukan klasifikasi bertujuan utk memperoleh kekelompok produk yg berorilaku seragam atau hamper seragam. Klasifikasi yg paling umum dilakukan adalah membedakan berdasarkan siapa konsumennya dan untuk apa produk tersebut di konsumsi. Menurut basis ini, produk dibedakan menjadi produk konsumen (consumer’s goods) dan produk industrial (industrial’s goods).
PRODUK KONSUMEN
Produk konsumen adalah produk-produk yang dikonsumsi utk kepentingan konsumen (akhir) dan keluarganya sendiri. Untuk dasar perencanaan pemasarn, produk konsumen dibedakan: .
Produk konsumen adalah produk-produk yang dikonsumsi utk kepentingan konsumen (akhir) dan keluarganya sendiri. Untuk dasar perencanaan pemasarn, produk konsumen dibedakan: .
- SHOPPING PRODUCTS, Adalah produk konsumen konvenien yang berharga konsumen Berdasarkan usaha membandingkannya.
- SPECIALTY PRODUCTS Adalah produk konsumen yg benar-benar diperlukan konsumen, sehingga bersedia secara khusus (special) untuk memperolehkan.
PRODUK INDUSTRIAL
Produk industrial adalah produk-produk yg dikonsumsi oleh Industriawan (konsumen antara) untuk kepentingan lain, yaitu utk diubah,diproduksi menjadi produk lain kemudian dijual kembali (oleh Produsen).
Berdasarkan fungsinya produk dibedakan menjadi 3 level :
PENGERTIAN,HARGA,FUNGSI,TUJUAN,FAKTOR,TAHAP,STRATEGI-STRATEGI
Harga adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan untuk mendapatkan hak menggunakan barang.Terkadang besar kecilnya harga merepresentasikan kualitas dari suatu barang. Dalam kasus keputusan pembelian yang kompleks, konsumen cenderung kurang sensitif terhadap harga untuk suatu merek produk tertentu.
- Level pertama adalah core product yaitu suatu produk yang fungsinya merupakan alasan dasar konsumen untuk membelinya. Contoh sederhana dari core product adalah pakaian, fungsinya dasarnya untuk melindungi tubuh manusia.
- Actual product adalah fitur-fitur yang ada pada produk untuk menambah nilainya. Misal desain yang menarik, nama merk, dan kemasan.
- Augmented product adalah tambahan manfaat-manfaat yang tidak terpikirkan oleh konsumen tapi akan memberi kepuasan bagi mereka, seperti garansi.
PENGERTIAN,HARGA,FUNGSI,TUJUAN,FAKTOR,TAHAP,STRATEGI-STRATEGI
Harga adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan untuk mendapatkan hak menggunakan barang.Terkadang besar kecilnya harga merepresentasikan kualitas dari suatu barang. Dalam kasus keputusan pembelian yang kompleks, konsumen cenderung kurang sensitif terhadap harga untuk suatu merek produk tertentu.
FUNGSI HARGA
1. Sumber pendapatan dan keuntungan perusahaan untuk pencapaian tujuan produsen.
2. Pengendali tingkat permintaan dan penawaran.
3. Mermpengaruhi program pemasarn dan fungsi-fungsi bisnis lainnya bagi perusahaan.
4. Mempengaruhi perilaku konsumsi dan pendapatan masyarakat.
Penentuan harga dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal yaitu :
Faktor Internal meliputi:
1. Tujuan pemasran (biaya, penguasaan pasar, dan usaha).
2. Strategi marketing-mix (aspek harga dan non-harga).
3. Organisasi (struktur, skala, dan tipe).
Faktor Internal meliputi:
1. Tujuan pemasran (biaya, penguasaan pasar, dan usaha).
2. Strategi marketing-mix (aspek harga dan non-harga).
3. Organisasi (struktur, skala, dan tipe).
Faktor Eksternal meliputi:
1. Elastisitas permintaan dan kondisi persaingan.
2. Harga pesaing dan reaksi pesaing terhadap perubahan harga.
3. Lingkungan eksternal yg lain, lingkungan mikro
1. Elastisitas permintaan dan kondisi persaingan.
2. Harga pesaing dan reaksi pesaing terhadap perubahan harga.
3. Lingkungan eksternal yg lain, lingkungan mikro
TAHAP PENENTUAN HARGA
1. Memilih tujuan dan orientasi harga
2. Memperkirakan permintaan produk dan perilakunya
3. Memperkirakan biaya dan perilakunya
4. Melakukan analisis perilaku pesaing
5. Menentukan strategi harga
6. Menyesuaikan harga akhir
1. Memilih tujuan dan orientasi harga
2. Memperkirakan permintaan produk dan perilakunya
3. Memperkirakan biaya dan perilakunya
4. Melakukan analisis perilaku pesaing
5. Menentukan strategi harga
6. Menyesuaikan harga akhir
TUJUAN HARGA
1. Perusahaan yang mempertimbangkan biaya akan bertujuan utk mengendalikan keuntungan.
2.Perusahaan yang mempertimbangkan permintaan pasar akan bertujuan utk mengendalikan penjualan.
3.Perusahaan yang mempertimbangkan persaingan harga akan bertujuan untuk mengendalikan
persaingan.
1. Perusahaan yang mempertimbangkan biaya akan bertujuan utk mengendalikan keuntungan.
2.Perusahaan yang mempertimbangkan permintaan pasar akan bertujuan utk mengendalikan penjualan.
3.Perusahaan yang mempertimbangkan persaingan harga akan bertujuan untuk mengendalikan
persaingan.
Komentar
Posting Komentar