Ruang lingkup pengembangan produk kreatif
Ruang Lingkup Pengembangan Produk Kreatif
Penegembangan produk adalah suatu produk yang sebelumnya belum pernah dipasarkan atau dibuat oleh suatu perusahaan, akan tetapi definisiini dapat dipecah jika produk tersebut berganti kemasan (bentuk dan ukuran) atau jika produk tersebut memasuki pasar yang baru. Definisi produk baru dapat diperluas menjadi pengembangan dan pengenalan suatu produk yang sebelumnya belum penah dibuat oleh suatu perusahaan ke pasar atau pengenalan produk lama ke suatu pasar baru yang sebelumnya belum pernah dikenalkan oleh perusahaan lain.
Produk baru diklasifikasikan menjadi 7:
1. Line
extensions Adalah varian baru dari produk makanan misalnya penambahan
flavor.
Yang termasuk dalam kategori ini biasanya berupa produk makanan yang bersifat :
a. Memerlukan waktu singkat untuk pengembangan
b.Tidak da erubahan besar pada proses manufacturing atau tidak memerlukan pembelian alat
c.Hanya sedikit merubah strategi pemasaran
d.Tidak memerlukan keahlian baru atau sumber bahan baku baru
e.Tidak memerlukan penyimpanan dan teknik penanganan baru pada bahan baku dan produk akhir
Yang termasuk dalam kategori ini biasanya berupa produk makanan yang bersifat :
a. Memerlukan waktu singkat untuk pengembangan
b.Tidak da erubahan besar pada proses manufacturing atau tidak memerlukan pembelian alat
c.Hanya sedikit merubah strategi pemasaran
d.Tidak memerlukan keahlian baru atau sumber bahan baku baru
e.Tidak memerlukan penyimpanan dan teknik penanganan baru pada bahan baku dan produk akhir
2. Repositioned
existing products Produk yang sudah ada dipasaran mempunyai fungsi baru
misalnya baking soda dapat
digunakan untuk pengharum kulkas dan softdrink yang biasanya hanya diminum pada
waktu santai dapat juga diminum setelah makanan utama pada waktu sarapan, makan
siang dll.
3. New form of
existing product Pada kategori ini produk yang sudah diubah ke dalam bentuk
lain misalnya dibuat menjadi instan, dibuat dalam bentuk tablet, bubuk,
konsentrat, beku dll. Untuk pembuatan produk baru ini mungkin memerlukan
pembelian alat utama baik untuk manufacturing maupun pengemasan.
4. Reformulation
of existing product Reformulasi produk biasanya bertujuan untuk
membeuat beberapa peningkatan misalnya untuk mendapatkan warna atau aroma yang
lebih bak, kandungan serat lebih banyak, kandungan lemak yang berkurang dll.
Waktunya singkat dan biayanya murah. Refrmulasi mungkin memang diperlukan untuk
beberapa alasan seperti salah satu bahan baku tidak tersedia lagi, untuk
menurunkan biaya produksi agar dapat berkompetisi dengan kompetitor, dan juga
mengganti bahan baku dengan yang lebih menguntungkan yang dapat memperbaiki
sifat dan karakteristik produk.reformulasi juga penting untuk memuaskan keinginan
konsumen akan produk yang lebih menyehatkan misalnya rendah kalori.hal ini juga
dapat menciptakan pasar baru bagi produk yang sudah ada.contoh pengembangan
produk jenis ini yaitu roti dengan tinggi serat,es krim rendah lemak,dan produk
susu bebas laktosa.
5. New packaging
of existing product Dalam bentuk yang sederhana, mengemas makanan
curah(bulky) ke dalam kemasan yang kecil termasuk kedalam kategori ini.teknik
pengemasan yang baru seperti modified atmosphere packaging (MAP) dan controlled
atmosphere packaging (CAP) dapat menciptakan berbagai produk baru yang
mempunyai umur simpan yang lama dan area distribusi yang lebih luas.
6. Innovative or
added-value products Inovatif berarti memberi perubahan, sehingga
produk inovatif yaitu produk yang dihasilkan dari perubahan produk lama.semakin
banyak perubahan yang dibuat, proses R&D seamkin lama dan mahal.
7. Creative
product Produk yang kreatif yaitu produk yang sebelumnya belum pernah
ada.karakter dari produk yang kreatif yaitu : Memerlukan waktu untuk
pengembangan yang relatif lama Biaya R&D sangat tinggi Biaya marketing
tinggi karena ada kebutuhan untuk menjelaskan kepada konsumen mengenai produk
baru Biaya untuk peralatan karena mesin-mesin harus diperbarui Pengenalan
produk kreatif ke pasaran mempunyai resiko yang tinggi karena kemungkinan gagal
juga tinggi. Jika produk sukses di pasaran, akan banyak yang menirunya.
Faktor-faktor yang mendukung kebutuhan akan pengembangan produk makanan baru
dapat didorong oleh hal-hal sebagai berikut:
a. Semua produk mempunyai life cycle, oleh karena
itu ketika produk memasuk pasar,kemudian dikonsumsi dalam jangka waktu yang tidak dapat
ditentukan, pada suatu saat produk tersebut akan hilang/tidak digemari lagi,
sehingga harus diganti dengan produk lain
b. Manajemen perusahaan dapat mengadopsi
kebijaksanaan yang memerlukan program agresif untuk tercapainya tujuan
perusahaan
c. Daerah peasaran mungkin berubah sehingga
memerlukan produk baru yang sesuai dan merespon kebutuhan pasar
d. Teknologi baru memungkinkan produk baru menjadi
tersedia dan pengetahuan baru memungkinkan produk tersebut sesuai dengan gaya hidup
konsumen pada masa sekarang
e. Perubahan pejabat pemerintah, program
kesehatan, kebijaksanaan dalam bidang pertanian atau program pendukung pertanian memungkinkan pengembangan
produk baru Tahapan dalam pembutan produk baru Dimulai dari menentukan tujuan
perusahaan dan mengidentifikasi kebutuhan konsumen. Selanjutnya menyusun
ide-ide produk baru uang pengembangannya diarahkan pada pemenuhan tujuan
perusahaan dan kepuasan konsumen
Komentar
Posting Komentar