Ruang lingkup pengembangan produk kreatif


Ruang Lingkup Pengembangan Produk Kreatif

     Penegembangan produk adalah suatu produk yang sebelumnya belum pernah dipasarkan atau dibuat oleh suatu perusahaan, akan tetapi definisiini dapat dipecah jika produk tersebut berganti kemasan (bentuk dan ukuran) atau jika produk tersebut memasuki pasar yang baru. Definisi produk baru dapat diperluas menjadi pengembangan dan pengenalan suatu produk yang sebelumnya belum penah dibuat oleh suatu perusahaan ke pasar atau pengenalan produk lama ke suatu pasar baru yang sebelumnya belum pernah dikenalkan oleh perusahaan lain. 

Produk baru diklasifikasikan menjadi 7:
1. Line extensions Adalah varian baru dari produk makanan misalnya penambahan flavor.
    Yang termasuk dalam kategori ini biasanya berupa produk makanan yang bersifat :
a. Memerlukan waktu singkat untuk pengembangan 
b.Tidak da erubahan besar pada proses manufacturing atau tidak memerlukan pembelian alat
c.Hanya sedikit merubah strategi pemasaran
d.Tidak memerlukan keahlian baru atau sumber bahan baku baru
e.Tidak memerlukan penyimpanan dan teknik penanganan baru pada bahan baku dan produk akhir
2. Repositioned existing products Produk yang sudah ada dipasaran mempunyai fungsi baru misalnya  baking soda dapat digunakan untuk pengharum kulkas dan softdrink yang biasanya hanya diminum pada waktu santai dapat juga diminum setelah makanan utama pada waktu sarapan, makan siang dll.
3. New form of existing product Pada kategori ini produk yang sudah diubah ke dalam bentuk lain misalnya dibuat menjadi instan, dibuat dalam bentuk tablet, bubuk, konsentrat, beku dll. Untuk pembuatan produk baru ini mungkin memerlukan pembelian alat utama baik untuk manufacturing maupun pengemasan.
4. Reformulation of existing product Reformulasi produk biasanya bertujuan untuk membeuat beberapa peningkatan misalnya untuk mendapatkan warna atau aroma yang lebih bak, kandungan serat lebih banyak, kandungan lemak yang berkurang dll. Waktunya singkat dan biayanya murah. Refrmulasi mungkin memang diperlukan untuk beberapa alasan seperti salah satu bahan baku tidak tersedia lagi, untuk menurunkan biaya produksi agar dapat berkompetisi dengan kompetitor, dan juga mengganti bahan baku dengan yang lebih menguntungkan yang dapat memperbaiki sifat dan karakteristik produk.reformulasi juga penting untuk memuaskan keinginan konsumen akan produk yang lebih menyehatkan misalnya rendah kalori.hal ini juga dapat menciptakan pasar baru bagi produk yang sudah ada.contoh pengembangan produk jenis ini yaitu roti dengan tinggi serat,es krim rendah lemak,dan produk susu bebas laktosa.
5. New packaging of existing product Dalam bentuk yang sederhana, mengemas makanan curah(bulky) ke dalam kemasan yang kecil termasuk kedalam kategori ini.teknik pengemasan yang baru seperti modified atmosphere packaging (MAP) dan controlled atmosphere packaging (CAP) dapat menciptakan berbagai produk baru yang mempunyai umur simpan yang lama dan area distribusi yang lebih luas.
6. Innovative or added-value products Inovatif berarti memberi perubahan, sehingga produk inovatif yaitu produk yang dihasilkan dari perubahan produk lama.semakin banyak perubahan yang dibuat, proses R&D seamkin lama dan mahal.
7. Creative product Produk yang kreatif yaitu produk yang sebelumnya belum pernah ada.karakter dari produk yang kreatif yaitu : Memerlukan waktu untuk pengembangan yang relatif lama Biaya R&D sangat tinggi Biaya marketing tinggi karena ada kebutuhan untuk menjelaskan kepada konsumen mengenai produk baru Biaya untuk peralatan karena mesin-mesin harus diperbarui Pengenalan produk kreatif ke pasaran mempunyai resiko yang tinggi karena kemungkinan gagal juga tinggi. Jika produk sukses di pasaran, akan banyak yang menirunya. Faktor-faktor yang mendukung kebutuhan akan pengembangan produk makanan baru dapat didorong oleh hal-hal sebagai berikut:
a. Semua produk mempunyai life cycle, oleh karena itu ketika produk memasuk pasar,kemudian dikonsumsi dalam jangka waktu yang tidak dapat ditentukan, pada suatu saat produk tersebut akan hilang/tidak digemari lagi, sehingga harus diganti dengan produk lain
b. Manajemen perusahaan dapat mengadopsi kebijaksanaan yang memerlukan program agresif untuk tercapainya tujuan perusahaan
c.  Daerah peasaran mungkin berubah sehingga memerlukan produk baru yang sesuai dan merespon kebutuhan pasar
d.  Teknologi baru memungkinkan produk baru menjadi tersedia dan pengetahuan baru memungkinkan produk tersebut sesuai dengan gaya hidup konsumen pada masa sekarang
e.  Perubahan pejabat pemerintah, program kesehatan, kebijaksanaan dalam bidang pertanian atau program pendukung pertanian memungkinkan pengembangan produk baru Tahapan dalam pembutan produk baru Dimulai dari menentukan tujuan perusahaan dan mengidentifikasi kebutuhan konsumen. Selanjutnya menyusun ide-ide produk baru uang  pengembangannya diarahkan pada pemenuhan tujuan perusahaan dan kepuasan konsumen


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara menggunakan ip webcam

Cara menghitung kecepatan transfer data dalam satuan kbps

Cara print di ms.word terbalik